Kado Indah dari Melki Laka Lena, Siap Berjuang Bangun RSUP Amfoang

190
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena didampingi Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe ketika melakukan kunjungan di Lelogama, Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang, Sabtu (13/11/2021). Foto: Edy Naga

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena bertelad memperjuangkan pembangunan Rumah Sakit Umum Pratama (RSUP) di wilayah Amfoang, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT.

Tekad itu disampaikan Melki Laka Lena ketika bersama mitra kerja Komisi IX yaitu Kementerian Kesehatan RI memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi bagi warga di Puskesmas Lelogama, Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang, Sabtu (13/11/2021). “Saya sudah melihat RSUD Naibonat beberapa waktu lalu dengan kondisinya seperti itu. Saya akan membantu merehab RS Naibonat tetapi saya butuh Proposal dari Pemda Kabupaten Kupang karena memang ada anggaran yang tersedia,” sebut Melki Laka Lena dilansir dari Papilonnews.com.

Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi NTT ini mengatakan, telah lama menunggu proposal datang dari Bupati Kupang agar bisa dibantu membangun Rumah Sakit Umum Pratama di Kabupaten Kupang. “Kalau proposal ada di tahun besok, mudah-mudahan tahun 2023 sudah bisa dibangun Rumah Sakit Umum Pratama di wilayah Amfoang. Tentang lokasi untuk pembangunannya, saya kembali ke Pemda Kabupaten Kupang untuk menentukannya”, sebut Melki.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena ketika melakukan kunjungan di Lelogama, Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang, Sabtu (13/11/2021). Foto: Edy Naga

Melki Laka Lena mengatakan, saat ini fokus pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 yaitu percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan. “Dua hal ini merupakan kunci untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Amfoang,” ujarnya. Ia berharap, pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di Amfoang Selatan dapat mempercepat pencapaian target vaksinasi NTT sehingga herd immunity atau kekebalan komunal warga di Amfoang Selatan segera terbentuk.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Kupang dari Fraksi Golkar, Octo. Dj. P. Laa mengatakan, vaksinasi yang dilakukan tersebut merupakan kolaborasi dan kerja sama antara Yellow Clinic Golkar Kabupaten Kupang dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Puskesmas Lelogama beserta para tenaga kesehatan (Nakes). Sedangkan, peserta vaksinasi datang dari SMA Negeri 1 Amfoang Selatan dan masyarakat setempat. “Vaksin yang kita gunakan adalah Astra Zaneka dan Sinovac, dosis 1 dan 2 dengan target 1000 dosis vaksin,” sebut politisi yang terpilih dari dapil Amfoang Raya ini.

Baca Juga:  Rekomendasi BK DPRD Sumba Timur untuk Ali Fadaq Cacat Hukum

Disebutkan Octo Laa, proses pemberian vaksin melalui beberapa tahap diantaranya screening kondisi kesehatan, asesmen lanjutan oleh tenaga kesehatan, pemberian vaksin hingga observasi. “Pelaksanaan vaksin tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kami bangga atas kehadiran Pak Melki Laka Lena beserta mitra dari Kemenkes di wilayah Amfoang,” katanya.

Tidak hanya itu, menurut Okto Laa, warga Amfoang Raya sangat berbangga dan berterimakasih kepada Melki Laka Lena yang mau berjuang membangun RSUP di wilayah Amfoang. “Ini kabar merupakan kado istimewa bagi masyarakat Amfoang bahwa bakal dibangun RSU Pratama. Saya akan intens berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Kupang, untuk segera mungkin menyiapkan seluruh data pendukung yang dibutuhkan agar kerinduan masyarakat Amfoang bisa terwujud,” sebut Okto Laa.

Turut hadir saat itu Bupati Kupang Korinus Masneno, Wakil Bupati Jerry Manafe, Kabid P2P Dinasa Kesehatan Kabupaten Kupang dr. Kudji Lita Riwu Kaho, Camat Amfoang Selatan Yared Tamoes, Kapolsek Amfoang Selatan Made Kumara, Kepala Puskesmas Lelogama Abdul Kadir serta masyarakat Amfoang Selatan. ***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap