Dari Rote Ndao Wilayah Terselatan NKRI, Melki Laka Lena Ajak Warga Jadi Peserta JKN-KIS

129
Wakil Ketua KOmisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena ketika berbicara dalam acara sosialiasi Program JKN-KIS bagi tokoh masyarakat di Gedung GMIT Ebenhaeser Daedolu, Desa Ngelodae, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (14/10/2021). Foto:HendrikGeli

BA’A,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mengajak warga di Kabupaten Rote Ndao, wilayah paling Selatan di NKRI untuk mendaftar menjadi pserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Banyak sekali manfaat ketika menjadi peserta BPJS Kesehatan. Namun masih banyak orang yang belum tahu sehingga program–program baik dari BPJS Kesehatan ini tidak dinikmati oleh masyarakat,” sebut Melki Laka Lena ketika berbicara dalam acara sosialiasi Program JKN-KIS bagi tokoh masyarakat di Gedung GMIT Ebenhaeser Daedolu, Desa Ngelodae, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (14/10/2021).

Melki Laka Lena mengatakan, dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan banyak manfaat yang diperoleh diantaranya jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan hari tua (JHT), jaminan pensiun, dan jaminan kematian (JKM). Ia mengaku heran begitu banyak manfaat dari program BPJS Kesehatan dan iuran pun sangat kecil yaitu hanya Rp 16.800, namun masih banyak orang yang belum mengikuti program ini.

“Manfaat dari program ini banyak, sehingga bapak, mama sekalian kami dari Komisi IX DPR RI sangat mendukung agar BPJS Ketenagakerjaan ini kita dorong betul agar pesertanya makin banyak dan bapak, mama sekalian juga bisa menikmati manfaat dari bangsa ini melalui BPJS Kesehatan. Ini barang bagus bapak, mama sekalian. Jangan sampai bapak, mama melewatkan kesempatan yang bagus dari negara ini yang diberikan lewat BPJS Kesehatan,” jelas Melki.

Melki Laka Lena mengungkapkan, Program JKN-KIS ini ditujukan memberikan perlindungan kesehatan baik untuk diri sendiri, keluarga maupun orang lain. Kemudian program ini adalah wujud kepedulian kita kepada sesama. Prinsip kegotongroyongan dalam program ini sangatlah positif. Kontribusi dalam program ini akan menolong setiap orang untuk mendapat kepastian jaminan kesehatan. “Oleh karena itu, tolong bagi masyarakat yang belum punya kartu JKN-KIS, segera diurus. Kita patuhi aturan pemerintah dengan menjadi peserta JKN-KIS,” katanya.

Baca Juga:  Dukung KPK, Jokowi Tunjuk Luhut Gantikan Edhy Prabowo di KKP

Ia berharap meski dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, seluruh masyarakat diberikan kesehatan dan bisa produktif. Selanjutnya Ia menekankan kepada peserta sosialisasi bahwa program ini adalah program pemerintah yang ditujukan untuk memberikan perlindungan jaminan kesehatan dengan prinsip gotong royong. “Harapannya seluruh masyarakat, khususnya Kabupaten Rote Ndao berkontribusi dalam program ini dan telah ter-cover sebagai peserta JKN-KIS,” ungkapnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kupang, yang membawahi Kabupaten Kupang, Alor, Sabu dan Rote Ndao, Tri Mayudi menyampaikan Program JKN-KIS ini wajib diikuti seluruh penduduk Indonesia. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat akan pentingnya program ini perlu ditingkatkan, salah satunya melalui kegiatan sosialisasi. “Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi kami untuk memberikan informasi dan edukasi tentang Program JKN-KIS. Dikarenakan regulasi berjalan dinamis,tentunya ada perubahan, sehingga masyarakat wajib tau perubahan dan kebijakan yang terbaru,” ungkapnya .

Peserta sosialisasi dibekali materi tentang hak dan kewajiban sebagai peserta, alur pelayanan, kanal layanan administrasi, serta kemudahan-kemudahan lain yang ditawarkan dalam program JKN-KIS.

Harapannya peserta semakin paham dalam memanfaatkan program ini.
Kepala Desa Ngelodae, Urbanus Sinlae, S.H berterima kasih kepada para pihak pelaksana kegiatan sosialisasi bersama di desanya. Ia pun mengapresiasi kegiatan ini, Anggota DPR RI Komisi IX, Emanuel Melkias Lakalena yang memilih desa tersebut.

Hadir dalam kegiatan itu, Anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao asal Fraksi Golkar, Meksi Mooy,S.Pd, Anton Ndun dan sejumlah kader Golkar. Pantauan media ini, tiba di Lokasi Sosialisasi MLL disambut hangat oleh Kepala Desa Ngelodae, Urbanus Sinlae dan sejumlah aparat Desa dan Tokoh Masyarakat.*)BORRN

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap