Rudy Kabunang Wujudkan Impian Susanti Ndapataka di Kampus UKAW Kupang

121
Atlet Nusa Tenggara Timur peraih medali medali emas di PON XX Papua pada cabang Muaythai, Susanti Ndapataka ketika menyerahkan berkas untuk didaftar sebagai mahasiswa yang diterima langsung Ketua Yayasan Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang, Umbu Saga Anakaka bersama pejabat Rektrorat. Seluruh biaya selama perkuliahan ditanggung oleh Rudy Kabunang. Acara berlangsung di Aula Rektorat Kampus UKAW Kupang, Senin (11/10/2021). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Atlet Nusa Tenggara Timur peraih medali emas di PON XX Papua pada cabang Muaythai, Susanti Ndapataka nampak riang ketika disambut hangat oleh Ketua Yayasan Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang, Umbu Saga Anakaka bersama pejabat Rektrorat. Di tangga Kampus Biru UKAW Kupang, Susanti yang didampingi pelatihnya Angga Silitonga, dan adik kandung Rudy Kabunang pengacara muda asal Sumba di Jakarta, Erna Hunga disambut mantan Penjabat Bupati Sumba Tengah, Umbu Saga Anakaka penuh kehangatan.

Rudy Kabunang mewujudkan impian besar Susanti Ndapataka untuk menggapi gelar Sarjana jurusan Olahraga. Rudy memberikan apresiasi kepada Susanti dengan memberikan bonus biaya selama kuliah di UKAW Kupang hingga meraih gelara sarjana.

Senin (11/10/2021), Susanti Ndapataka resmi diterima menjalani perkuliahan di Jurusan FKIP Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang, dengan memilih program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Berkas dan kelengkapan administrasi Susanti dibawa oleh Erna Hunga dan pelatihnya Angga Silitonga. Berkas tersebut diterima secara resmi oleh Ketua Yayasan UKAW Kupang, Umbu Saga Anakaka serta wakil rektor bidang akademik, Magdalena Ngongo.

Kepada SelatanIndonesia.com, Susanti mengaku sangat berterimakasih karena cita-citanya melanjutkan pendidikan tinggi akhirnya terkabul. Dia meminta terima kasih kepada Unkris yang telah mengakomodirnya sebagai mahasiswa. “Terima kasih Unkris telah menerima saya dengan senang hati disini, untuk melanjutkan pendidikan disini,” katanya.

Ungkapan syukur dari Susanti juga disampaikan kepada Rudy Kabunang, yang dengan sukarela sebagai orang tua asuh telah peduli terhadap masa depannya. “Untuk Pak Rudy yang sudah mengapresiasi, saya sangat berterima kasih karena telah membiayai kuliah saya disini, saya banyak banyak berterima kasih karena bapak sudah berbaik hati untuk saya,” ujar Susanti.

Ketua Yayasan UKAW Kupang, Umbu Saga Anakaka menyambut gembira kehadiran Susanti Ndapataka. Menurutnya, Susanti akan menambah daftar atlet terbaik NTT yang berasal dari UKAW Kupang. “Kami akan urus lebih lanjut Susanti sebagai mahasiswa baru disini. Untuk selanjutnya karena saya sudah hubungan langsung dengan orang tua asuh Pak Rudy Kabunang, sehingga Susanti tinggal belajar saja sampai sarjana. Segala urusan biaya itu urusan orang tua asuh dan pihak Unkris,” ungkap Umbu Saga Anakaka.

Erna Hunga yang mewakili orang tua asuh Susanti mengatakan, pembiayaan kuliah tersebut merupakan apresiasi Rudy Kabunang atas prestasi yang ditorehkan oleh Susanti. “Harapan dari kak Rudy kepada Susan agar belajar yang tekun, terus berprestasi di kancah nasional maupun Internasional, agar nama NTT makin dikenal lebih luas,” tutup Erna.

Asal tahu saja, masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) baru-baru ini dibuat heboh dengan beredarnya sejumlah foto dan video, yang menunjukkan atlit peraih medali emas cabang olahraga Muaythai PON XX Papua, Susanti Ndapataka naik sebuah mobil pickup saat dijemput di bandara El Tari Kupang, Rabu (6/10/2021) pagi.

Banyak postingan di media sosial juga beredar, yang menunjukkan kondisi rumah keluarga Susanti yang jauh dari kata layak. Bahkan setelah tamat SMA pada tahun 2017 silam, Susanti tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi, karena orang tuanya tidak memiliki uang.

Melihat semangat dan prestasi yang dimiliki Susanti, seorang pengacara di Jakarta asal NTT bernama Rudy Kabunang, langsung merespon dengan membiayai kuliah Susanti.

Baca Juga:  Tak Hanya Susanti Ndapataka, Rudy Kabunang juga Biayai Kuliah Atlet Wushu NTT Peraih Perunggu

Diberitakan sebelumnya, Pengacara muda asal Pulau Sumba di Jakarta, Rudy Kabunang, S.H, M.H siap memberikan bonus berupa biaya kuliah bagi atlet Muangthay asal NTT yang meraih medali Emans di PON XX Papua. “Susanti adalah anak NTT yang mengharumkan nama Provinsi NTT di tingkat Nasional. Saya membaca berita dia media, dia punya cita-cita dan keinginan untuk bisa kuliah. Tetapi karena keterbatasan ekonomi keluarganya sehingga tidak ada biaya untuk kiluah sejak lulus SMA tahun 2017,” sebut Rudy Kabunang kepada SelatanIndonesia.com, Kamis (7/10/2021).

Rudy mengaku sudah berkomunikasi langsung via telpon dengan Susana dan menyampaikan kondisi keluarga dan cita-citanya. “Susan senang mendapat perhatian dan bantuan, dan saya akan biayai kuliahnya sampai selesai sarjana,” ujar Rudy.

Atlet peraih medali emas di PON XX Papua pada cabang Muaythai, Susana Ndapataka yang dihubungi mengaku sudah dikontak oleh Rudy Kabunang. “Ya, memang tadi sempat ditelpon langsung oleh Pak Rudy. Jika jadi kuliah, maka yang pasti saya ambil kesempatan kuliah di dekat-dekat Kupang,” katanya.
Di dunia olahraga, Susana punya impian untuk bisa berlaga di Sea Games. “Kalau dikasih kesempatan oleh Tuhan, semoga saya bisa bermain di Sea Games mendatang,” ujarnya.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap