Sekda Sumba Tengah Lantik Umbu Katanga Yani jadi Pj Kades Tarung Majaga

24
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si ketika mengambilan sumpah jabatan dan melantik Umbu Katanga Yani sebagai Penjabat (Pj) Kepala Desa Tarung Majaga, Kecamatan Katiku Tana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Kamis (23/9/2021). Foto: PKP-SumTeng

WAIBAKUL,SELATANINDONESIA.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si mengambilan sumpah jabatan dan melantik Umbu Katanga Yani sebagai Penjabat (Pj) Kepala Desa Tarung Majaga, Kecamatan Katiku Tana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Kamis (23/9/2021).

Seremoni pelantikan dilakukan di Kantor Desa induk Dasa Elu. Desa Tarung Majaga merupakan Desa hasil pemekaran dari Desa induk Dasa Elu. Pj Kades yang dilantik, Umbu Katanga Yani merupakan staf pada kantor Kecamatan Katiku Tana Selatan. Penjabat Kepala Desa Persiapan Tarung Majaga akan memangku jabatan selama 1 tahun dan dapat diperpanjang paling banyak 2 kali dalam masa jabatan yang sama.

Sekretaris Daerah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si mengatakan, tujuan pemekaran adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, untuk bisa menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di desa maka Desa persiapan akan mendapat bantuan dana sebesar 30 persen dari dana desa induk. “Penjabat Kepala Desa harus mengerakkan budaya gotong royong dan bekerja sama untuk mempercepat pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di Desa persiapan,” ucap Sekda Umbu Eda.

Sekda Umbu Eda Pajangu menambahkan, Penjabat Kepala Desa yang dilantik akan melaksanakan tugas selama 1 tahun dan setiap 6 bulan akan dievaluasi pelaksanaan tugasnya. “Sebagai penjabat kepala desa persiapan, tentunya dibutuhkan kerjasama, sinergitas dan kolaborasi bersama para tokoh-tokoh pemekaran desa persiapan dengan kepala desa induk dan perangkatnya,” sebut Sekda.

Ia berharap, desa persiapan Tarung Majaga bisa menjadi desa model dan menjadi contoh bagi desa induk karena desa ini berada dekat dengan pusat pemerintahan kabupaten.

Turut hadir dalam acara pelantikan diantaranya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumba Tengah, Ahmad Zaelani, S.Pt, Kepala Bagian Pemerintahan, Rudianto U.D. Sobang, S.Sos, Camat Katiku Tana Selatan, Marthen U. Bewa, S.Sos, Kapolsek Katiku Tana yang diwakili oleh Kanit Sabhara, Aipda Ibrahim, Ketua BPMJ GKS Jemaat Liangu Dowu, Pdt. Melkianus Dapa Doda, S.Th, para tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh pemekaran desa serta masyarakat desa Tarung Majaga.*)PKP-SumTeng

Editor: Laurens Leba Tukan

Baca Juga:  28 Sampel Swab dari Sumba Tengah, Seluruhnya Negatif
Center Align Buttons in Bootstrap