Vaksinasi Yellow Clinic di Nekbaun Diawali Pengumuman oleh Pendeta

73
Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kupang, Daniel Taimenas dan Koordinator Yellow Clinic Kabupaten KUpang, Okto Laa serta tim DPD I memantau pelaksanaan vaksinasi di Desa Nekbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, Rabu (1/9/2021). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Yellow Clinic Partai Golkar Kabupaten Kupang pada Rabu (1/9/2021) menyelenggarakan vaksinasi untuk 1000 orang yang disebar di dua titik. Satu titik pelaksanaan dilakukan di Aula GMIT Elim Naibonat dan titik berikutnya di Kantor Desa Nekbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang.

Beberapa hari sebelum vaksinasi itu dilakukan, pimpinan Jemaat GPdI Haleluya Ruimata, Pdt. Soleman Tloen, S.Th, M.Pd mengumumkan kedada jemaat dan masyarakat di wilayah itu untuk mendaftarkan diri agar dilayani vaksinasi. “Setelah kita mendapatkan informasi bahwa ada layanan vaksinasi oleh Yellow Clinic, kita langsung umumkan kepada anggota jemaat, masyarakat dan terlebih anak-anak usia sekolah yang tadi saya kumpulkan cukup banyak untuk datang dan dilayani vaksin,” sebut Pdt. Soleman ketika ditemui SelatanIndonesia.com di lokasi vaksinasi.

Bahkan, Pdt. Soleman sejak dari pagi berjalan keliling dari rumah ke rumah untuk mengajak anak-anak sekolah untuk mengikuti vaksinasi yang digelar oleh Yellow Clinic dan dibantu para tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Baun, Amarasi Barat.

Saya menyampaikan terimakasih karena ada perhatian yang lebih yang dilakukan oleh Yellow Clinic ini kepada masyarakat kami, dan masyarakat sangat antusias untuk mengikuti vaksinasi ini. Meski sebelumnya ada berita hoax yang sempat beredar yang membuat masyarakat ketakutan, tetapi melalaui aparat pemerintah, para tenaga kesehatan, tokoh masyarakat dan tokoh agama akhirnya ada pemahaman di masyarakat bahwa ternyata vaksinasi ini sangat penting untuk imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Pdt. Soleman berharap agar titik pelayanan vaksinasi serupa yang dilakukan Yellow Clinic bisa diperbanyak lagi di wilayah lain di Kabupaten Kupang. “Ada banyak wilayah yang minus sekali tentang layanan vaksinasi. Hari Minggu kemarin, saya dari Kecamatan Fatuleu, ada satu Dusun yang masyarakatnya 1000 lebih tetapi hanya 2 orang saja yang sudah vaksin yaitu Kepala Dusun dan salah satu Ketua RT. Ini karena kurangnya sosialisasi dan juga layanan vaksinasi yang masih terbatas,” katanya.

Koordinator Yellow Clinic Partai Golkar Kabupaten Kupang, Okto Laa mengatakan, informasi tentang pelaksanaan vaksinasi itu diumumkan kepada masyarakat sejak hari Minggu (29/8/2021) karena kepastian pendistribusian vaksin hingga ke lokasi baru diperoleh pada Sabtu (28/8/2021) malam. “Sejak hari Minggu kita umumkan ke masyarakat bahkan melalui mimbar Gereja agar masyarakat boleh terlibat dalam kegiatan vaksinasi ini dan memang antusias warga sangat tinggi. Dan, pengaturan vaksinasinya sangat rapi sehingga protokol kesehatan tetap terjaga dan tindak terjadi kerumunan warga,” katanya.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Kupang ini menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada para tenaga kesehatan dan aparat keamanan yang telah terlibat memperlancar pelaksanaan vaksinasi oleh Yellow Clinic. “Teriaksih juga untuk Bapak Kepala Desa Nekbaun dan seluruh aparat yang telah memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi ini,” ujar politisi yang terpilih dari Dapil Amfoang Raya ini.

Menurut Okto Laa, jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang mengharapkan agar upaya percepatan pencapaian angka vaksiniasi ini harus terus dilakukan. “Mereka minta agar vaksinasi seperti ini dilakukan lagi ke wilayah-wilayah lain di Kabupaten Kupang, dan kami akan laporkan ke pimpinan Yellow Clinic tingkat Provinsi NTT dan kepada Ketua DPD I Golkar NTT, Bapak Melki Laka Lena,” ujar Okto.

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kupang, Daniel Taimenas menyampaikan salam hormat dan ucapan terimakasih dari masyarakat Kabupaten Kupang untuk Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartatro dan Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena. “Melalui Yellow Clinic ini akhirnya masyarakat kami di Kabupaten Kupang dapat terlayani vaksinasi,” sebut Daniel Taimenas.

Ketua DPRD Kabupaten Kupang ini juga mengharakan agar ada vaksinasi ini bisa dilakukan lebih luas lagi untuk bisa melayani masyarakat. “Masyarakat sangat antusias sehingga diharapkan agar bisa ada kegiatan vaksinasi di wilayah lain,” ujarnya. ***Laurens Leba Tukan

Baca Juga:  Yellow Clinic Golkar Berkontribusi Tingkatkan Prosentase Vaksinasi di Alor
Center Align Buttons in Bootstrap