SMAK San Bernardino, Sekolah Keberbakatan Pertama di Indonesia

173
SMA Keberbakatan Olahraga San Bernardino, Kabupaten Lembata

LEWOLEBA,SELATANINDONESIA.COM – Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) akhirnya memiliki sekolah keberbakatan khusus untuk enam cabang olahraga potensial. Sekolah keberbakatan ini bukan milik pemerintah atau negeri melainkan sekolah swasta yang berada dalam naungan Yayasan Koker Niko Beeker.

Adalah sekolah SMA Keberbakatan Olahraga San Bernardino. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah keberbakatan swasta pertama di Indonesia.

Ketua Yayasan Koker Niko Beeker Cabang Lembata, Markus Labi menjelaskan bahwa lembaga ini optimis mencetak lulusan yang produktif dan inovatif dalam bidang olahraga. “Meski baru jalan empat tahun tapi kami optimis akan mencetak lulusan yang kompetitif dalam bidang olahraga”, ungkap Markus Labi, Selasa (22/6/2021).

Menurut Markus, adanya sekolah keberbakatan ini mampu memberikan warna baru dalam dunia pendidikan di Lembata dan NTT pada umumnya. Lembaga pendidikan ini akan terus menyesuaikan diri dengan kurikulum nasional namun tetap berpedomaan pada spirit dasar yayasan dan sekolah. “Disini ada beberapa jurusan potensial seperti bola volly, bola kaki, takraw, pencak silat, kempo dan karate bidang pembelajaran umum lainnya seperti IPA, IPS dan Bahasa”, tambahnya.

Kepala sekolah SMA Keberbakatan Olahraga San Bernardino, Marlin Baok, M. Pd dalam kesempatan itu menjelaskan, SKO San Bernardino dalam proses belajarnya menggunakan 18 jam untuk praktek olahraga selama seminggu. “Ini sekolah keberbakatan yang konsentrasinya IPS, sehingga untuk olahraga kami gunakan 18 jam dalam seminggu. Berbeda dengan SMA lainnya yang hanya 2 jam untuk olahraga”, terangnya.

SMA Keberbakatan Olahraga San Bernardino berdiri di Lembata sejak tahun 2017 dan tahun 2018 langsung terakreditasi C, juga telah mendapat alokasi dana BOS selama 2 tahun terakhir.

Walau baru seumur jagung sejak berdiri, San Bernardino telah raih sejumlah prestasi di berbagai bidang olahraga baik tingkat kabupaten hingga provinsi, memperoleh medali perunggu, perak bahkan emas. “Untuk sementara, fasilitas kita masih terbatas, tapi dari sisi kualitas kita tidak kalah. Kita sudah buktikan itu”, tegasnya.

Wakil ketua Pusat, Yayasan Koker Niko Beeker, Dr. Damianus Dai Koban, M.Pd menerangkan, SMA Keberbakatan Olahraga San Bernardino merupakan sekolah keberbakatan swasta pertama di Indonesia. “Saat didaftarkan, kita baru tahu bahwa ternyata San Bernardino adalah sekolah keberbakatan swasta pertama di Indonesia. 15 lainnya adalah sekolah negeri”, beber doktor jebolan Universitas Negeri Jakarta itu.

Doktor Damianus juga mengatakan, orang-orang yang mengabdi pada Yayasan Koker Niko Beeker dan SMA Keberbakatan Olahraga San Bernardino bekerja dengan tulus hati. “Kalau mau cari duit bukan disini tempatnya. Kita membantu pemerintah, sehingga butuh kerjasama. Tidak ada kepentingan lain di sini”, tegasnya.

“Kedepan kita rencanakan untuk bangun sekolah perguruan tinggi swasta pertama di Lembata,” jelasnya.*)Tedy Lagamaking

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap