Bupati Lembata Wajibkan Pj Kades Dukung Relokasi Desa untuk Pertumbuhan Ekonomi

19
upati Lembata melantik penjabat kepala desa kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur di Desa Dulitukan, Kecamatan Ile Ape, Rabu (9/6/2021).

LEWOLEBA,SELATANINDONESIA.COM – Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur mengingatkan agar para Pejabat (Pj) Kepala Desa harus mendukung upaya relokasi warga terdampak bencana di Kecamatan Ile Ape.

Pasalnya, untuk tahapan relokasi desa hal yang paling penting yakni mendorong adanya pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya. “Tugas prioritas kalian dalam enam bulan kedepan adalah eliminir stunting, Covid-19 dan yang utama adalah sukseskan Pilkades. Kalian jangan menjadi masalah dalam pilkades,” sebut Bupati Sunur, ketika melantik penjabat kepala desa di dua kecamatan yaitu Ile Ape dan Ile Ape Timur, Rabu (9/6/2021).

Bupati Sunur juga menegaskan, khusus stunting harus benar-benar dieliminir karena sudah menjadi program nasional yang wajib ditangani. Ia meminta agar penanganan stunting juga diberikan kepercayaan kepada ibu-ibu PKK.

Terkait relokasi, ada beberapa desa yang rencana direlokasi, tahap pertama 700 rumah bukan hanya Ile Ape tetapi untuk korban banjir yang rumah rusak, maupun tempatnya tidak bisa ditinggali lagi. “Saya sudah bicara dengan kepala BNPB agar 700 rumah saat ini di peruntukan bagi warga korban bencana di Ile Ape dan Ile Ape Timur,” katanya.

Disebutkan, setelah warga direlokasi baru dilakukan relokasi desa karena untuk desa administrasinya banyak. Ia mengatakan, ada 15 desa yang direlokasi tetapi Pemda Lembata akan membuat skala prioritas sehingga tidak sekedar memindahkan orang. “Saya membutuhkan kerja sama semua sektor untuk mendukung kegiatan ini. Ada 2.800 rumah dan untuk saat ini sedang dibangun 700. Akan ada perubahan total, jadi kita harus siap belajar menyesuaikan diri dengan banyak hal karena kita mau tata jadi kota dalam desa, sehingga mari kita semua saling mendukung. Saya minta untuk dukungan Pejabat Kades yang dilantik ini karena, semua kita punya peran yang sama untuk membantu desa,” ujarnya.

Untuk diketahui, para Penjabat Kepala Desa se Ile Ape yang dilantik diantaranya, Kecamatan Ile Ape, Penjabat kepala Desa Kolipadan Ibrahim Kadir, Penjabat Kepala Desa Kolontobo Lambertus Lango, Penjabat Kepala Desa Beutaran Sunar Suban Langobelen, Penjabat Kepala Desa Napasabok Muhammad Hasan, Penjabat Kepala Desa Riangbao Kornelis Kewaman, Penjabat Kepala Desa Palilolon Yusuf Lia, penjabat Kepala desa Dulitukan Arifin Labi.

Baca Juga:  Bupati Sunur Anjurkan Pj. Kades Harus Inovatif

Untuk Kecamatan Ile Ape Timur antara lain, Penjabat Kepala Desa Todanara dijabat Benediktus Boli Tedemaking, Penjabat kepala Desa Jontona Ibrahim Betan, Penjabat Kepala Desa Aulesa Fransiskus Saga, Penjabat Kepala Desa Lamatokan Robertus Retung. *)Tedy Lagamaking

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap