Malam Ini Puncak API V 2020, NTT Berpeluang Juara Umum

212
Island Hoping Pulau Meko, Adonara, Kabupaten Flores Timur, salah satu nominasi API V 2020 untuk Kategori Wisata Air Terpopuler 2020, yang akan diumumkan malam ini di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat

LABUANBAJO,SELATANINDONESIA.COM – Acara puncak Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) V tahun 2020 bakal digelar malam ini, Kamis (20/5/2021) di Inaya Bay Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT

Provinsi Nusa Tenggara Timur yang menyertakan 8 destinasi wisata di NTT yang masuk nominasi API V tahun 2020 diyakini bakal keluar sebagai Juara Umum pada ajang bergengsi itu. “Kandidat kuat Provinsi NTT,” sebut Founder API, Muhammad Syafaat dalam konferensi pers di Labuan Bajo, Rabu (19/5/2021).

Disebutkan, ada 3 provinsi yang bakal berasing ketat menjadi juara umum dalam Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) V tahun 2020 ini. “Ketiga provinsi itu adalah Sumatera Selatan, Aceh dan NTT,” sebut Muhammad.

Dikatakan Muhammad yang juga CEO Ayo Jalan-jalan.com itu, ketiga provinsi itu masuk dalam 3 besar juara umum API V 2020 karena memiliki 8 kategori nominasi dari 18 kategori.

Baca Juga:  Advokad Rudi Kabunang Siap Bela Alfred Baun dan Pers NTT

Delapan kategori yang menyertakan Provinsi NTT dalam ajang itu diantaranya, Kuliner Se’i untuk Kategori Makanan Tradisional Terpopuler 2020, Sentra Tenun Ikat Ina Ndao Kota Kupang untuk kategori Destinasi Belanja Terpopuler 2020, Island Hoping Pulau Meko, Adonara Kabupaten Flores Timur untuk Kategori Wisata Air Terpopuler 2020, Fulan Fehan Kabupaten Belu untuk Kategori Dataran Tinggi Terpopuler 2020, serta Situs Liang Bua Ruteng Kabupaten Manggarai untuk Kategori Situs Sejarah Terpopuler 2020. Juga, Kampung Adat Namata di Kabupaten Sabu Raijua untuk Kategori Kampung Adat Terpopuler 2020, Pulau Semau Kabupaten Kupang untuk kategori Destinasi Baru Terpopuler 2020 dan Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao untuk Kategori Surga Tersembunyi Terpopuler 2020.

Baca Juga:  Gubernur Laiskodat: NU adalah Organisasi Kebangsaan Bernuansa Kebhinekaan

Dikatakan Muhammad, penilain dan sleksi setiap kategori dilakukan secara ketat oleh dewan juri yang terdiri dari para dosen, jurnalis, pemerintah dan komunitas. “Dari ribuan destinasi, diseleksi hingga jumlahnya 180 destinasi dalam 18 kategori,” katanya.

Ia mengungkapkan alasan Labuan Bajo sebagai tempat ajang tahunan itu lantaran respons baik dari Pemerintah Provinsi NTT untuk menjadi tuan rumah. “Akan ada puluhan bupati, yang dipastikan hadir dalam kegiatan tersebut dan tiga Gubernur yang dipastikan hadir yaitu Gubernur NTT, Gubernur NTB dan Gubernur Riau,” katanya.

Sedangkan, Menparekraf, Sandiaga Uno akan mengikuti kegiatan pengalugerahan itu secara virtual. Sedangkan ada sejumlah utusan dari Kementrian lain seperti Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Kemenkumham dan Kementerian LHK.

“Kami berkomitmen untuk berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menjalankan protokol kesehatan dalam pelaksanaan malam puncak. Protokol kesehatan akan dikedepankan, di mana akan dilakukan rapid tes antigen bagi para peserta serta pembatasan peserta. Hanya ada 150 peserta yang akan mengikuti kegiatan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, demi mencegah penyebaran Covid-19,” sebutnya.

Baca Juga:  Dengar Pengaduan Warga, Bupati TTS Bakal Nonaktifkan Kades Olais

Muhammad berkomitmen untuk memperkenalkan destinasi baru maupun semua kategori yang ada, di mana memiliki potensi dan memerlukan kampanye yang masif. “Selama 6 tahun berjalan, API memberikan dampak positif, tingkat pendapatan meningkat, meningkatkan kunjungan wisatawan, meningkatkan UKM, meningkatkan hunian hotel,” ujarnya.

Dikatakannya, API menitikberatkan pemerintah daerah, industri dan masyarakat. “Jadi kalau salah satu tidak berfungsi maka tidak jalan. Jadi harus kerja sama, tiga komponen inilah yang kami olah,” katanya.*)Ino Jemadu

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap