Resmikan Mobile PCR, Wagub Nae Soi: Terimakasih Adinda Saya Melki Laka Lena

1211
Wagub NTT, Josef A. Nae Soi (kempat dari kanan) bersama Ketua DPRD NTT Emiliana Nomleni, Wakil Ketua Komisi V DPRD NTT Mohammad Ansor, dan para pejabat lainnya ketika meresmikan Mobile PCR di RSJ Naimata, Kota Kupang. Foto: Fred Siga

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (Wagub NTT), Josef A. Nae Soi memberikan apresiasi khusus untuk Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena yang telah turut berjuang bersama Kementrian Kesehatan RI mendatangkan Mobile PCR untuk penaganan pandemi Covid-19 di Provinsi NTT.

Puji Tuhan hari ini kita bisa melakukan peresmian pengoperasional mobil laboratorium bergerak surveilans. Limpah terimakasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Mentri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan khusus untuk adinda saya Melki Laka Lena, Wakil Ketua Komisi IX DPR yang telah berjuang mendatangkan peralatan ini yang sangat dibutuhkan oleh kita di NTT,” sebut Wagub Nae Soi ketika mersemikan Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans, Rabu (17/2/2021) di UPTD RSJ Naimata Kota Kupang.

Disebutkan Wagub Nae Soi, mudah – mudahan dengan adanya alat ini Provinsi NTT lebih cepat melakukan pemeriksaan PCR. “Kita di Propinsi NTT sangat membutuhkan alat ini. Bapak Presiden, Menkes dan DPR Ri serta DPRD Provinsi NTT sudah menjawab apa yang dibutuhkan oleh kita di NTT sehingga pada hari ini mobil laboratorium surveilans ini dapat kita gunakan,” ujar Wagub.

Wagub Nae Soi mengatakan, di NTT memang sudah ada Laboratorium PCR di RSUD Prof. Dr. W.Z Johanes Kupang dan RSP Undana, tetapi kebutuhan kita masih kurang. “Mudah-mudahan dengan mombile PCR ini bisa menjangkau apa yang menjadi standar oleh WHO dengan 1000 sampel perharinya,” sebutnya.

Politisi senior Partai Golkar ini menyarankan seluruh petugas kesehatan yang menangani pasien Covid agar memberikan pelayanan kepada pasien dengan senyum, karena pasien Covid sangat membutuhkan psikologi yang prima untuk mendukung penyebuhan.

Baca Juga:  Legislator Senayan, Ratu Wulla Sumbang 500 Rapid Antigen untuk Satgas Covid SBD

Pemerintah NTT sudah sangat proaktif untuk mengatasi pandemi Covid-19 dengan melakukan intervensi dalam membantu sanak saudara kita yang terkonfirmasi positif Covid-19 dimana pemerintah juga telah menyiapkan dua tempat isolasi mandiri yakni di rumah sakit Undana Kupang dan Rumah Sakit Jiwa Naemata,” katanya.

Ia terus menghimbau seluruh masyarakat NTT untuk terus mentaati protokol kesehatan yang dianjurkan agar pandemi Covid-19 lebih cepat teratasi.

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, dr. H. Muhammad Budi Hidayat, M.Kes mengatakan, pihaknya menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Pemerintah Propinsi NTT yang telah  mempunyai niat untuk mendapatkan mobil laboratorium surveilans ini sehingga hari ini bisa dilakukan acara peluncuran. ”Semoga Pandemi Covid-19 yang sudah hampir satu tahun ini cepat berakhir sehingga masyarakat NTT kembali pulih mengatasi perekonomiannya,” sebut Dirjen Budi Hidayat secara virtual seperti dilansir dari Klikntt.com.

Dirjen Budi mengatakan, ketersediaan alat laboratorium surveilans ini sangat dibutuhkan untuk penanganan laju pertumbuhan pandemi Covid-19. Ia berharap, semoga alat ini bisa bermanfaat untuk membantu masyarakat NTT dalam memeriksa PCR untuk menekan Covid-19.

Saya ingin sampaikan pesena kepada Pak Wagub agar tolong diperhatikan pemeliharaan alat jangan sampe mobil bagus tapi tidak dijaga, karena mobil ini apabila Covid-19 sudah berakhir bisa digunakan untuk pemeriksaan sampel lain nya,” ujar Dirjen Budi.

Turut serta dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Provinsi NTT Emiliana Nomleni, Wakil Ketua Komisi V DPRD Propinsi NTT Muhammad Ansor, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi NTT dr. Messe Ataupah serta undangan lainnya.*)AldyHenukh

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap