Presiden Batal Kunjungi Sumba Tengah dan Sikka

5937
Bukit JW Food Estate yang sudah dipersiakpan sangat maksimal untuk menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Desa Makatakeri, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah. Foto diambil, Senin (15/2/2021). Foto: Dok. PUPR Sumba Tengah

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Presiden RI Joko Widodo yang semula dijadwalkan akan mengujungi Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupate Sikka pada Selasa (16/2/2021) besok ternyata dibatalkan.

Pembatal itu disampaikan Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi sesaat sebelum pelaksanaan Sidang Paripurna DPRD NTT, Senin (15/2/2021). “Iya ada pendundaaan semalam dari Istana Negara, dan akan dijadwalkan ulang. Mungkin ada kegiatan lain Bapak Presiden yang lebih penting, meskipun kita sudah persiapkan semuanya dengan baik. Saya dapat info penundaan itu tadi malam, dan tidak apa-apa,” sebut Wagub Nae Soi di hadapan Ketua DPRD NTT Emilian J. Nomleni, dan Wakil Ketua Dr. Inche D.P. Sayuna dan Christian Mbeoik.

Diberitakan sebelumnya, dijadwalkan, Selasa 16 Februari 2021, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan di Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sikka. Di Sumba Tengah, Presiden bakal meninjau dan melihat langsung progres pelaksanaan program Food Etate atau lumbung pangan nasional, sedangkan di Kabupaten Sikka, Presiden dijadwalkan akan meresmikan bendungan Napung Gete.

Saya yang sambut Bapak Presiden di Maumere, sedangkan Pak Gubernur yang sambut Bapak Presiden di Sumba Tengah,” sebut Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi kepada SelatanIndonesia.com, Minggu (14/2/2021) di Rujab Wagub NTT.

Wagub NTT, Josef A. Nae Soi bersama Pimpinan DPRD NTT jelang paripurna, Senin (15/2/2021). Foto:SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

Presiden Jokowi ke Sumba Tengah untuk melihat dari dekat progres dan kerja keras para petani di Sumba Tengah yang dipimpin oleh Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu dalam mewujudkan program Food Estate atau lumbung pangan nasional. “Ada keuntungan yang luar biasa karena cinta yang besar dari Bapak Presiden untuk kita di NTT. Dan kita harus bekerja keras untuk menyukseskan Food Estate di NTT agar harapan dan cita-cita Bapak Presiden bisa terpenuhi, dan ciri khas di NTT adalah jagung, padi dan lain-lain. Dan kita harus syukuri karena tanggal 16 Februari lusa nanti Bapak Presiden akan berkunjung ke Sumba Tengah,” sebut Wagub Nae Soi.

Disebutkan Wagub Nae Soi, kali ini Presiden Jokowi menunjukan rasa cinta yang luar biasa untuk masyarakat NTT dengan mengunjungi dua kabupaten sekaligus. “Bapak Presiden sangat cinta rakyat Indonesia dan karena NTT juga bagian dari Indonesia, maka Bapak Presiden melihat Indonesia bagian Timur yang termasuk NTT cukup tertinggal, sehingga perhatian Bapak Presiden lebih tertuju ke NTT dan Indonesia bagian timur lainnya. Saya dan Pak Gubernur atas nama pemerintah Provinsi dan rakyat NTT kami memberi apresiasi dan hormat kepada bapak presiden yang sudah memperhatikan kami yang luar biasa,” sebut Wagub Nae Soi.

Wagub Nae Soi menambahkan, “rakyat NTT sangat mencintai bapak Jokowi, karena sebelum rakyat NTT mencintai bapak Jokowi, bapak Jokowi sudah mencintai rakyat NTT. Kita belum minta bendungan tetapi bapak Presiden sudah berikan bendungan, kita belum minta jalan sudah dikasih jalan, ini luar biasa bapak Jokowi, dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada presiden-presiden yang lalu tetapi Pak Jokowi ini sangat memperhatikan NTT. Kita berterimakasih dan kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa supaya bapak Jokowi diberikan kesehatan yang prima,” sebut Wagub Nae Soi.

Politisi senior Partai Golkar ini menambahkan, program Food Estate atau lumbung pangan nasional, jika itu sesuatu yang sudah terpenuhi di NTT baru dibagi-bagikan ke tempat lain. “Seperti yang sekarang ada di NTT ini Food Estate, dan itu saya sangat berterima kasih kepada Pak Jokowi dan Pak Mentan Syahrul Yasin Limpo karena mereka bekerja keras untuk kita Indonesia khsusunya di NTT,” ujarnya.

Sedangkan di Kabupaten Sikka, Presiden Jokowi akan meresmikan bendungan Napung Gete. “Khsusu bendungan, kita sudah ada tujuh dan tiganya sudah dimanfaatkan yaitu Rotiklot di Belu, Napu Gete di Sikka, dan Raknamo di Kabupaten Kupang. Dan tahun depan mungkin Temef di TTS akan diresmikan dan kita lihat lagi di Nagakeo dan semoga tidak ada halangan tentang lahan kita meminta di Bupati untuk membantu agar semuanya bisa berjalan. Dan, kita rencanakan lagi untuk dua lagi bendungan di Sumba, itu semua masih dalam usulan,” sebut Wagub Nae Soi.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap