Bupati Ende Deklarasikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Wologai

38
Bupati Ende, Drs. Djafar H. Achmad, MM dan rombongan ketika diterima secara adat di Desa Wologai, Kecamatan Lepembusu Kelisoke, Kabupaten Ende, Senin (12/1/2021).

ENDE,SELATANINDONESIA.COM – Bupati Ende, Drs. Djafar H.  Achmad,  MM resmi mendeklarasikan program sanitasi total berbasis masyarakat di desa Wologai, Kecamatan Lepembusu Kelisoke, Kabupaten Ende, Senin (12/1/2021). Bupati Djafar dan rombongan pimpinan OPD disambut upacara adat oleh masyarakat adat Wologai.

Bupati Djafar menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Wologai yang telah bersedia bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Ende dalam menyukseskan program sanitasi total berbasis masyarakat. “Sanitasi total berbasis masyarakat ini nantinya akan dijalankan dan diawasi langsung oleh masyarakat Wologai sebagai subyek utama dalam program ini,” sebut Bupati Djafar.

Ia mengaharpkan partisipasi aktif dari masyarakat Wologai agar program sanitasi total berbasis masyarakat mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Wologai khususnya dalam sektor kesehatan, air bersih dan peningkatan produksi pertanian.

Disebutkan Bupati Djafar, Pemerintah Kabupaten Ende selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh masyarakatnya. “Jika masyarakat tidak mampu memanfaatkan sebaik mungkin apa yang sudah ditawarkan dan diinisiasi oleh pemerintah maka semuanya akan sia-sia,” ujarnya.

Menurutnya, kesuksesan program sanitasi total ini sangat bergantung pada peran aktif dari masyarakat Wologai. Meski demikian, pemerintah tidak akan lepas tangan begitu saja dan akan terus melakukan pendampingan melalui bagian Hukum Pemerintah Kabupaten  Ende. “Ke depan kita bisa terus menggalakan program ini demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melihat antusiasme dan apresiasi yang begitu tinggi dari masyarakat, saya optimis program sanitasi total ini akan mampu berjalan dengan baik,” sebut Bupati Djafar.

Kepala Desa Wologai, Adrianus Mbusu mengaku sangat berterimakasih kepada Bupati Ende dan jajaran Pemerintah Kabupaten Ende yang telah memberikan perhatian penuh kepada masyarakat di desanya. Ia berkomitmen untuk bersama masyarakat Desa Wologai berperan aktif agar program sanitasi total berbasis masyarakat dapat berlangsung dengan lancer. “Atas nama seluruh masyarakat Wologai, saya menyampaikan terimaksih atas perhatian Bapak Bupati, program ini akan kami jaga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Wologai khususnya dalam sektor kesehatan, air bersih dan peningkatan produksi pertanian,” sebut Kades Adrianus.*)Mohammad Zulkifli

Baca Juga:  Wagub Nae Soi Hadiri Pengukuhan Mosa Laki Fery Taso

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap