Bupati Epy Tahun: Saya yang Perintah Amankan Kayu Cendana dari Incaran Pencuri

3319
Bupati TTS, Epy Tahun

SOE,SELATANINDONESIA.COM – Dugaan raibnya satu pohon Cendana  di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten TTS mendapat tanggapan dari Bupati TTS Egusen Pieter Tahun,ST. MM.

“Kayu Cendana itu sekarang ada di Rujab (Rumah Jabatan) Bupati. Bukan dicuri orang, tapi saya yang perintahkan untuk amankan kayu Cendana dari incaran pencuri,” tegas Bupati Epy Tahun disela-sela meninjau ruangan yang akan digunakan untuk karantina milik SMK Negeri 2 Sabtu (9/1/2021).

Hal tersebut dilakukannya atas dasar adanya laporan dari Kadis Ketahanan Pangan Ir. Pieter Pah mengenai adanya dua dahan kayu cendana yang sudah dipotong oleh orang tidak dikenal.

“Ada laporan dari Kadis Ketahanan Pangan, kalau kayu Cendana di halaman kantornya dua dahannya sudah dipotong oleh orang tidak bertanggungjawab, sehingga saya minta agar yang sisanya segera diamankan. Daripada nanti dicuri makanya saya minta segera amankan di rumah jabatan Bupati,” lanjut Bupati Epy.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten TTS, Yupiter Pah menegaskan pohon Cendana yang berada di depan bekas Kantor Bupati TTS yang kini berubah fungsi menjadi kantor Dinas Ketahanan Pangan diamankan pihaknya dan bukannya dicuri seperti yang tersebar di media sosial maupun di sejumlah media online.

“Pohon Cendana itu bukan dicuri tapi kita amankan. Hal ini sesuai dengan arahan Pak Bupati setelah kita lakukan koordinasi. Ini merupakan upaya kita guna mencegah pohon tersebut dicuri orang. Karena sebelum diamankan, ada dua dahan batang pohon Cendana tersebut sudah dipotong oknum tak bertanggung jawab,” kata Piter Pah melalui sambungan telepon selularnya Sabtu (9/1/2021).

Diuraikan, pada 23 Desember 2020, pihak Dinas Ketahanan Pangan mendapati batang pohon Cendana di depan kantor Dinas Ketahanan Pangan sudah dipotong dan dibawa oknum yang tidak bertanggung jawab. Melihat kondisi yang demikian lanjut Pieter Pah, dirinya langsung melaporkan kepada Bupati TTS via pesan WhatsApp.

Baca Juga:  Rayakan HUT Ke-14, Partai Hanura TTS Berbagi Kasih dengan Anak Yatim

Guna mencegah Cendana tersebut dicuri orang, Bupati memerintahkan untuk segera diamankan dan diantar ke rumah jabatan Bupati.

Pada tanggal 30 Desember 2020, Kadis Ketahanan Pangan dan stafnya melakukan penggalian pohon Cendana guna mengamankan Cendana tersebut.

Tanggal 31 Desember, batang dan ranting Cendana diantar ke Rujab Bupati guna diamankan. Sedangkan akar cenadan masih diamankan di kantor Dinas Ketahanan pangan karena masih melakukan pembersihan akar dari tanah sebelum dibawah ke Rujab Bupati TTS.**Paul Papa Resi

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap