Asidewi Award, Bukti Apresiasi Kemajuan Pariwisata Desa di NTT

171
Kampung Adat Ratenggaro, Desa Maliti Bondo Ate, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya sebagai pemenang desa wisata adat terbaik tahun 2020, penerima Aisdewi Award 2020. Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Asosiadi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Provinsi NTT menganugerahkan delapan penghargaan kepada desa-desa wisata di NTT serta lembaga dan individu yang memberikan perhatian dan dukungan terhadap kemajuan pariwisata di NTT.

Asidewi Award itu diserahkan langsung Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat ketika perayaan puncak HUT Ke 62 Provinsi NTT yang digelar di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, Minggu (20/12/2020).

Ketua Umum Asidewi Andi Yuwono, S. Sos, M.Si kepada SelatanIndonesia.com, Rabu (23/12/2020) menyebutkan, penganugerahan penghargaan yang diberikan itu sebagai wujud apresiasi dan penghargaan kepada desa-desa wisata di NTT, serta lembaga dan individu yang memberikan perhatian penuh terhadap kemajuan pariwisata di NTT.

“Kami merasa terpanggil untuk memberikan penghargaan itu karena tidak semua orang memiliki kepedulian terhadap kemajuan pariwisata di NTT. Harapan kami, semoga dengan penghargaan yang diberikan ini bisa memberi semangat kepada semua pihak di NTT untuk terus menjaga alam, budaya dan melestarikan kekayaan wisata di NTT,” sebut Andi.

Negeri di atas Awan, Kampung Wae Rebo, Kecamatan Satarnese Barat, Kabupaten Manggarai sebagai pemenang desa wisata terpopuler tahun 2020 penerima Asidewi Award 2020. Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

Ketua Asidewi NTT, Yanto Kore Mega mengaku bersykur lantaran Asidewi NTT yang baru terbentuk pada bulan Juli 2020 namun bisa memberikan sebuah anugerah kepada para Lembaga, Individu dan desa-desa wisata di NTT. “Kami berterimakasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas perkenanannya Asidewi NTT walau baru dibentuk bulan Juli 2020 yang lalu sudah bisa mempersembahkan sebuah anugerah penghargaan kepada desa-desa wisata yang ada di NTT tercinta dan memberikan penghargaan juga kepada lembaga dan individu-individu yang memberikan perhatian dan dukungan yang besar terhadap majunya Pariwisata di NTT,” sebut Yanto.

Dikatakan, penganugerahan Asidewi Award itu juga mendapat dukungan penuh dari Gubernur dan Wakil Gubernur NTT dan jajaran Pemerintah Provinsi NTT, BOP Labuanbajo Flores dan Bank TLM.

Baca Juga:  Setumpuk Harap di Pundak Paulus Steven Messakh

Yudi Umbu T.T Rawambaku, SE salah satu penerima Asidewi Award kepada SelatanIndonesia.com mengatakan, pemberian Asidewi Award 2020 oleh Gubernur NTT merupakan penghargaan bagi daerah dalam pengembangan Desa Wisata dan stimulan untuk para ASN agar lebih fokus berkerja dan berkarya bagi daerahnya terutama untuk pengembangan Ekonomi Kreatif dan Sumber Daya Kreatif.

“Penghargaan ini merupakan Gebrakan Gubernur melalui Asosiasi Desa Wisata Indonesia  (Asidewi) untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Dimana Desa adalah miniatur daerah yang perlu dikembangkan dan diperjuangkan untuk kemaslahatan orang banyak,” sebut Yudi.

Penganugerahan Asidewi Award 2020 diberikan kepada 1). Sumba Hospitality Foundation sebagai Lembaga yang telah memberikan kesempatan bagi masyarakat NTT untuk meningkatkan kualitas SDM bidang pariwisata. 2). Desa Wae Rebo, Kecamatan Satarnese Barat, Kabupaten Manggarai sebagai pemenang desa wisata terpopuler tahun 2020. 3). Desa Maliti Bondo Ate, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya sebagai pemenang desa wisata adat terbaik tahun 2020. 4). Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat sebagai pemenang desa wisata pegunungan terbaik tahun 2020.

5). Nihi Watu Hotel Sumba, sebagai Lembaga yang telah mempromosikan pariwisata NTT ke dunia internasional. 6). Yance Moa, sebagai tokoh masyarakat pemerhati pembangunan pariwisata NTT. 7). Yudi Umbu T.T Rawambaku, SE sebagai ASN yang telah berkontribusi bagi promosi pariwisata NTT. 8). Desa Kojadoi, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka sebagai pemenang desa wisata pantai terbaik tahun 2020.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap