Gamers Kupang, Sikka dan Ende Bertarung di Esports Flotim Season II

606
Peserta Turnamen yang digelar Es Port Flotim ketika berlaga di S’Negor Kafe, Kelurahan Mokantarak, Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Sabtu (12/12/2020) Foto: SelatanIndonesia.com/Eman Mawar

LARANTUKA,SELATANINDONESIA.COM – Esports Kabupaten Flores Timur kembali menggelar turnamen untuk menampung kreatifitas dan ketangkasan para milenial di ujung Timur pulau Flores. Bahkan, turnamen untuk milenial itu diikuti para gamer dari Kota Kupang, Ende, dan Sikka itu digelar Sabtu (12/12/2020) di S’Negor Kafe, Kelurahan Mokantarak, Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Ketua Pembina Esports Flotim Yoseph Sani Betan, S.T mengatakan, turnamen itu Kembali digelar sebagai ajang pencarian bibit-bibit atlet dan para gamer yang akan disiapkan untuk berkompetisi di turnamen tingkat atas yakni bertanding di Provinsi maupun di tingktan Nasional.

Pemilik Sinegor Café ini mengatakan, turnamen itu bisa membangun pengusaha ekonomi mikro yang ada di Kota Larantuka, dan pihak Sinegor Café memberikan kesempatan kepada para penjual untuk berjualan, baik makanan, minuman, maupun sofeiner kepada para pengunjung Snegor Café.

Ketua Panitia Turnamen, Joshua Timo Tihede mengatakan, turnamen Es Port yang dilombakan secara off line untuk kaum mileneal ini dalam rangka menyongsong HUT ke 62, Kabupaten Flores Timur yang jatuh pada 20 desember 2020 mendatang.

Dikatakan Joshua, turnamen yang lebih diminati para remaja milenial adalah FREE FIRE. “Game ini sangat diminati oleh para atlet muda sehingga untuk game FREE FIRE sendiri ada 96 tim yang bertanding dengan rincian 1 tim 5 orang sehingga total peserta 576 orang. Sehingga atlet yang mengikuti game FREE FIRE lebih banyak dari tiga jenis game yang lain yaitu, PS4, MOBIL LEGEND dan PUBG MOBILE,” ujarnya.

Meski  peminat yang datang baik atlet maupun penonton begitu membludak namun panitia tetap menerapkan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dan melibatkan petugas medis untuk melakukan screening terhadap semua yang terlibat dalam perlombaan ini.

Baca Juga:  Mahasiswi Undana di Oesapa Positif Covid-19

“Turnamen yang diselenggarakan oleh Esports Flotim ini dimulai tanggal 5- 6 Desember 2020 dengan jenis game yang dilombakan yaitu PES 4 yang diikuti 34 player selama dua hari. Hari pertama babak kualifikasi hari ke 2 final. Pada tanggal 9-10 desember 2020 dilombakan game MOBILE LEGEND yang diikuti 19 tim dengan rincian 1 tim berjumlah 6 orang sehingga total jumlah peserta sebanyak 114 orang, dengan waktu lomba sebanyak dua hari. Hari pertama babak penyisian dan final hari kedua tanggal 10 Desemeber 2020,” sebut Joshua, Sabtu (12/12/2020).

Sedangkan game PUBG MOBILE untuk up date sampai sekarang sebanyak 30 tim yang terdaftar dengan rincian satu tim berjumlah 5 orang sehingga peserta yang akan mengikuti lomba ini sebanyak 150 peserta. “Untuk game PUBG MOBILE panitia masih memberikan kesempatan untuk para atlet game untuk mendaftarkan timnya karena pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 18 Desember mendatang, dan akan dilombakan pada tanggal 19-20. Untuk Final game PUBG MOBILE pada tanggal 20 Desember mendatang sekaligus penutupan Turnamen ES Port Seasen II disertakan acara perayaan ulang Tahun Kabupaten Flores Timur,” jelas Pegawai Sipir pada Rutan Larantuka ini.

Joshua juga mengungkapkan, tim yang bertanding dalam turnamen ini bukan hanya seputaran kabupaten Flotim saja namun ada tim dari luar kabupaten Flotim yaitu tim dari Kota Kupang, Kabupaten Sikka dan dari Kabupaten Ende.

“Salah satu yang membuat fenomenal yaitu tim dari Kupang yang menjuarai piala Gubernur Cup yang bernama Arlen X PIW juga ikut serta dalam turnamen ini. Mereka mengikuti jenis lomba FREE FIRE. Bahkan, turnamen Esports ini bukan hanya diikuti oleh kaum lelaki namun diikuti pula oleh remaja putri,” sebutnya.

Baca Juga:  ULP Bakal Kembalikan ASN yang Dimutasi Tanpa Prosedur

Salah satu tim remaja putri adalah Fantasi Quin. Caca Krisanta, Kapten dari tim ini mengatakan, motivas mengikuti turnamen ini ialah ingin melatih mental untuk turnamen sacara Off Line. Karena selama ini lomba yang mereka ikuti secara on line. “Dengan banyak berlatih dan pernah menjuarai turnamen secara on line dan mendapat sertifikat atlet maka pada hari ini kami optimis menang,” sebut Caca.

Hadiah yang disiapkab oleh Esports Flotim dari empat game ini total prize Rp. 16.000 0000 dengan rincian; PES. 4 total Prize Rp. 1.500.000, MOBILE LEGEND total Prize 3.500.000, FREE FIRE total Prize Rp. 7 000.000 dan PUBG MOBILE total Prize Rp. 4.000 000

Kordinator tim dari Kabupaten Sikka, Eko Juni Isnanto mengatakan, dari Maumere ia membawa 4 Tim yang akan berkompetisi di Turnamen ini. “Saya berikan apresiasi kepada panitia Esports Flotim atas pelayanannya di Kota Larantuka, mulai dari tempat tinggal hingga makanan dan minuman yang disediakan sehingga kami dari Kabupaten Sikka, Kabupetn Ende dan Kota Kupang akan mengikuti turnamen ini hingga selesai pada puncak acara 20 desember nanti dan kami pulang bawa hadiah kemenangan,” ungkapnya.*)Eman Mawar

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap