ULP: Intimidasi Hanya Dilakukan Calon yang Sudah Tau Kalah

541
Calon Bupati Sumba Timur nomor urut 2, Umbu Lili Pekuwali, ST. MT ketika berorasi dalam kampanye terbatas di Kambaniru, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (5/12/2020). Foto: Tim Media ULP-YHW

WAINGAPU,SELATANINDONESIA.COM – Masa kampanye pilkada serentak tahun 2020 berakhir pada Sabtu (5/12/2020). Paket calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur nomor urut 2, Umbu Lili Pekuwali, ST. MT – Ir. Yohanes Hiwa Wunu, M.Si (ULP-YHW) yang dikenal dengan sandi politik Kobul, menutup rangkaian masa kampanye itu di Kambaniru, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur.

Menurut Calon Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali, ST. MT, cara-cara intimidasi dan ancaman terhadap pemilih hanya digunakan oleh mereka-mereka yang takut pada kekalahan.”Kalau kita yang yakin menang, buat apa lakukan cara-cara seperti itu. Itu bukanlah cara yang terhormat, karena dalam berpolitik tidak hanya untuk menggunakan hak memilih dan dipilih, tetapi juga kita punya hak lebih yaitu bagaiman proses demokrasi ini makin lebih baik kedepan. Kita punya tugas memberikan pendidikan politik yang benar bagi generasi muda kedepan,” sebut Umbu Lili ketika berorasi dalam kampanye terbatas di Kambaniru, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (5/12/2020).

Umbu Lili mengatakan, sering terdengar ada suasana yang diciptakan yang membuat para pemilih merasa takut dan tidak mau menghadiri pertemuan-pertemuan kampanye seperti ini. “Apalagi yang berstatus ASN, mereka takut menghadiri kampanye ULP-YHW, tetapi kalau paket lain, tidak apa-apa. Namun, khusus di Kambaniru kalau tidak hujan malam ini maka di belakang pagar ini penuh dengan para ASN. Boleh engkau mengintimidasi dengan jabatan, tetapi hati tetap punya pilihan sendiri yaitu Kobul,” katanya disambut sorak masyarakat Kambaniru.

Baca Juga:  Melki Laka Lena dan Lagu “Tanah Airku” bagi PMI di Seluruh Dunia

Wakil Bupati Sumba Timur ini menghimbau agar semua elemen masyarakat Sumba Timur agar selalu berada dalam suasana ketenangan dan keriangan. “Dalam pesan yang disampaikan di berbagai tempat oleh Ketua DPD I Golkar NTT, orang muda Bung Emanuel Melkiades Laka Lena beliau mengatakan bahwa mari mengikuti proses politik ini dengan gembira dan riang karena ini pesta demokrasi. Jangan mewarnai pesta demokarsi ini dalam suasana yang mencekam dan menakutkan yang menggunakan cara intimidasi kepada pemilih,” ujar Umbu Lili.

Paket yang diusung Partai Golkar, PKB dan didukung PSI itu melakukan kampanye ditengah hujan deras  pada Sabtu malam. Meski diguyur hujan, masyarakat Kambaniru pendukung setia pasangan Kobul tetap setia mendengar orasi politik dari para jurkam dan juga calon Bupati Umbu Lili Pekuwali.

Tidak hanya itu, rombongan milenial pendukung Kobul tumpah ruah di jalan utama Kota Waingapu mengiringi pasangan ULP-YHW yang dimulai dari Patung Kuda. Mereka menyambut calon wakil Bupati Sumba Timur, Yohanes Hiwa Wunu yang melakukan kampanye di daerah Lewa kemudian bergabung bersama milenial dan warga pendukung paket Kobul yang menanti di Kantor DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumba Timur.

Baca Juga:  Resmikan Kantor Fungsional di Moni, Gubernur Laiskodat: Bank NTT Penggerak Kebangkitan Ekonomi

“Masa kampanye hari ini berakhir,  dan hujan deras ini merupakan berkat Tuhan yang selama ini kita nantikan dan harus kita syukuri dan menikmati. Meskipun hujan, tenda kampanye ini tetap penuh, juga dalam beberapa kali kampanye di Kambaniru selalu penuh ini tenda, hal ini pula menunjukan bahwa dukungan yang besar dari Kambaniru untuk Kobul. Jadi kalua ada yang klaim menang 80 persen di Kambaniru, saya jadi ragu kembali, karena sepanjang jalan tadi meskipun dalam kondisi hujan, keluarga semua di Kambaniru berdiri di sepanjang jalan sambil ancungkan dua jari dan sebut Kobul, Kobul, waktu kita lewat,” sebut Umbu Lili.

Disebutkan Umbu Lili, kekuatan dukungan dari masyarakat sudah sangat merata diseluruh wilayah Sumba Timur karena kerja tim yang cerdas dan maksimal untuk pasangan UL-YHW dan keinginan kuat masyarakat untuk adanya perubahan. “Jadi kalau hari ini kita bisa katakan bahwa bakal menang di Kambaniru maka itu bukan hal yang berlebihan, karena ada kecintaan yang besar untuk Kobul,” ujarnya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Sumbang Rp 150 Juta Bangun Gereja GMIT Oelbonak TTS

Umbu Lili yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Sumba Timur ini mengatakan, program yang selalau disamapikan yang bakal dilakukan lima tahun mednatang diantaraya pelayanan publik yang lebih baik dan murah, peningkatan ekonomi warga masyarakata, pariwisata, dan Infrastrurktur.

Dalam kampanye terbatas itu Umbu Lili didampingi Calon Wakil Bupati Sumba Timur Yohanes Hiwa Wunu, Ketua AMPG Provinsi NTT Heru B. Dupe, Ketua Harian DPD Golkar Sumba Timur yang juga Ketua Tim Pemenangan ULP-YHW Ali Oemar Fadaq, DPC PKB Kabupaten Sumba Timur H. Abdula Samad, Ketua PSI Paulus Maramba Meha, Sekretaris Golkar Sumba Timur Herman Hilungara, Koordinator Komunitas Moms Kobul Ny. Farida Abdullah  dan sejumlah tim kampanye.

Acara kampanye terbatas itu berlangsung dengan tetap mematuhui protokol kesehatan dan pembagian masker kuning oleh Tim Kampanye ULP-YHW untuk semua masyarakat yang hadir. Tampak pula tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh perempuan di Kambera antusias dengan kehadiran Umbu Lili Pekuwali-Yohanes Hiwa Wunu dan tim kampanye.***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap