Asidewi, Jembatan Emas Menuju Kesejahteraan SBD

150
Bupati Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelis Kodi Mete pose bersama Ketua DPP Asidewi Andy Yuwono, Ketua DPD Asidewi NTTMaryanto Kore Mega serta para pengurus Asidewi Kabupaten SBD usai pelantikan DPC Asidewi Kabupaten SBD di di Desa Wisata Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Sabtu (21/11/2020).

TAMBOLAKA,SELATANINDONESIA.COM – Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) kini hadir di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Kehadiran wadah itu diyakini dapat membantu mewujudkan program strategis Pemerintah Kabupaten SBD sesuai visi misi yaitu tujuh jembatan emas menuju kesejahteraan masyarakat Sumba Barat Daya yang salah satunya adalah Desa Wisata.

“Pengembangan Desa Wisata diharapkan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat karena akan memberi nilai tambah pada berbagai potensi yang ada di masyarakat dan bermuara pada pengentasan kemiskinan,” sebut Bupati Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelis Kodi Mete ketika beribacara dalam acara pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Aidewi Kabupaten Sumba Barat Daya di Desa Wisata Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Sabtu (21/11/2020).

Menurut Bupati Kodi Mete, hadrinya Asidewi di Kabupaten SBD akan membawa dampak besar bagi pengembangan pariwisata di wilayah itu.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua DPP Asidewi, Andy Yuwono yang saat itu mengatakan, semua pihak harus berbangga karena memiliki kearifan lokal sebagai identitas asli dan adat budaya yang tetap lestari. “Dengan adanya Desa Wisata akan terjadi proses belajar antara masyarakat desa dengan wisatawan yang berkunjung, sehingga akan lebih melestarikan budaya dan keindahan alam sebagai modal dasaŕ pengembangan Desa Wisata,” sebutnya.

Menurut Andy Yuwono, peningkatan kunjungan wisatawan baik yang hanya menikmati sesaat maupun tinggal bersama masyarakat diharapkan memberi dampak pada peningkatan aktivitas budaya seperti upacara adat, tarian dan kerajinan tenun.

Ketua DPD Asidewi Provinsi NTT,  Maryanto Kore Mega mengatakan, adanya desa wisata sangat diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja dan menciptakan kesejahteraan di desa melalui kegiatan wisata yang berkelanjutan dan berdaya saing global. “Juga pengurus yang dilantik diharapkan untuk selalu melakukan koordinasi dan bersinergi dengan berbagai stakeholder pariwisata khususnya Pemerintah Daerah sehingga keberadaan Asidewi memberi harapan baru bagi masyarakat di Desa Wisata juga Pemerintah Daerah,” ujar GM New Sasando International Hotel ini.

Baca Juga:  Waikelo Sawah, Oase di Tana Merapu dan Rencana Asidewi NTT 

Ketua DPC Asidewi Kabupaten Sumba Barat Daya, Afrianus Hezron Mawo, ST bertekad akan bekerja sesuai tugas yang diembankan lewat spirit kearifan lokal menuju desa wisata yang hebat bermartabat dengan slogan Asidewi membumi. “Sesuai slogan ini kepengurusan akan bersinergi dengan pemerintah desa dalam meningkatkan potensi wisata yang ada melalui berbagai pelatihan, pendampingan dan pemasaran melalui upaya menjalin kerjasama dengan pihak lain baik di dalam maupun luar daerah,” katanya.

Acara Pelantikan dihadiri juga oleh Wakil Ketua DPD Asidewi Provisi NTT Odik Mesakh dan Redempta Bato. Kepèngurusan DPC ASIDEWI Kabupaten Sumba Barat Daya yang dilantik adalah; Afrianus Hezron Mawo, ST sebagai Ketua, Sekretaris Eduard Lorens Fasius, S.KM beserta pengurus lainnya. Pelantikan dilakukan dengan menandatangani Berita Acara Pelantikan yang disaksikan oleh Bupati Sumba Barat Daya, unsur DPP Asidewi, DPD Provinsi Asidewi dan tokoh masyarakat.

Selain itu, hadir pula Kadis Pariwisata SBD, Kadis Kominfo SBD, Pemerintah Desa Tema Tana, Tokoh Masyarakat dan Para kepala Desa yang desanya telah ditetapkan sebagai Desa Wisata oleh Pemerintah Daerah Sumba Barat Daya, Ketua HPI dan Organisasi penggiat Pariwisata lainnya yang ada di Sumba Barat Daya serta Masyarakat Desa Tema Tana. Acara turut dimeriahkan dengan tari-tarian oleh sanggar tari binaan Desa Tema Tana. *) Edward

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap