Bupati Lembata: Program PKK Harus Konek dengan Visi Misi Pemda

Pengukuhan Kader PKK dan Bunda Paud Kabupaten Lembata, di Ballroom Hotel Olympic Lewoleba, Kabupaten Lembata, Kamis (15/10/2020). Foto: SelatanIndonesia.com/Tedi Lagamaking

LEMBATA, SELATANINDONESIA.COM-Kader PKK memiliki peran strategis yakni sebagai penggerak, motivator, penyuluh, fasilitator, perencana dan pelaksana pemberdayaan masyarakat serta menjadi mitra pemerintah.

Saat ini PKK Lembata gencar mengentaskan stunting, untuk menjamin agar kualitas hidup masyarakat semakin meningkat. Demikian dikatakan Ketua PKK Lembata Yuni Damayanti, SE di Ballroom Hotel Olympic Lewoleba, Kamis (15/10/2020).

Salah satu program unggulan PKK Lembata selama masa pandemi adalah operasi masker yang dilakukan di tingkat desa oleh kelompok-kelompok dasawisma.

Selain itu, Yuni Damayanti juga mengatakan, PKK selama ini bermitra dengan pemda Lembata dan menurutnya, pemda selalu berkontrubusi mendukung semua program dan kegiatan.

Dia juga berharap, sinergitas antar pemda dan PKK terus di tingkatkan sehingga visi misi pemda bisa dikolaborasikan dengan program atau kegiatan dari PKK.

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur mengatakan, Pemda pasti memberikan dukungan penuh untuk PKK, asalkan kegiatan yang dilakukan produktif. Sinkronisasi kegiatan PKK bisa dipadukan dengan Pemda, semisal pariwisata. Hal ini karena salah satu tujuan PKK adalah pemberdayaan dan ada konektiviti dengan tujuan pembangunan pemerintah.

Bupati dua periode ini juga mengatakan, PKK lebih maksimal lagi melatih dan memberdayakan komunitas di desa-desa. Dia juga berharap kegiatan itu harus inovatif dengan memanfaatkan sumberdaya desa.

Kegiatan Jambore PKK Lembata ini juga diwarnai oleh parade pakayan adat dari masing-masing kecamatan disertai simulasi kebiasaan baru (New Normal).

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday, Kapolres Lembata Yoce Marten, Kejari Lembata Ridwan Sujana Angsar, Danramil Mayor Chb. Ihsan, perwakilan Bank NTT, Forkompimda dan delegasi dari masing-masing kecamatan.*)Teddi Lagamaking

Editor: Laurens Leba Tukan

Baca Juga:  Jaga Stabilitas Ekonomi, Bupati Lembata Bakal Buka Pasar Rakyat