George Hadjoh Gandeng Claudia Novela dan Pdt. Johny Kilapong Bina Karakter ASN

Plt. Kepala Biro Umum Setda Provinsi NTT, George M. Hadjoh bersama Pdt. Johny Kilapong di Pantai Otan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, Sabtu (10/10/2020) Foto: Sam Babys/Hms

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Karakter seseorang sangat menentukan kualitas kerja diberbagai sektor. Hal ini yang mendorong Plt. Kepala Biro Umum Setda Provinsi NTT, George M. Hadjoh menggandeng Claudia Novela dan Pdt. Johny Kilapong memberikan materi dan penguatan karakter bagi seluruh ASN di Biro Umum Setda Provinsi NTT.

Menurut George Hadjoh, setiap staf pada Biro Umum Setda Provinsi NTT harus memiliki karakter yang kuat dalam dirinya, agar didalam bekerja, mereka mampu menghasilkan produk – produk yang berkualitas untuk kemajuan Provinsi NTT.

Itu pasalnya, ia menggelar kegiatan Outbond dan Character Building Biro Umum Setda Provinsi NTT di Pantai Otan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, Sabtu (10/10/2020).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini (10 s/d 11 Oktober 2020) bertujuan agar ada perubahan sikap, perilaku, tutur kata dan juga pola pikir dari setiap staf di Biro Umum. “Harus ada perubahan setiap minggunya,” sebut George.

Menurutnya, pembentukan karakter sangat penting dilakukan agar setiap ASN lingkup Pemerintah Provinsi NTT umumnya dan Biro Umum khususnya mampu menterjemahkan setiap ide dan gerak cepat Gubernur dan Wakil Gubernur NTT saat ini. “Ide cemerlang yang datang dari kedua pemimpin saat ini, harus mampu diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari. Dan dengan karakter yang kuat sudah pasti kita mampu bekerja dengan baik, jujur, disiplin dan juga bertanggung jawab,” katanya.

Claudia Novela ketika memberikan materi tentang Komunikasi kepada ASN Biro Umum Setda NTT di Pantai Otan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, Sabtu (10/10/2020). Foto: Sam Babys/Hms

Claudia Novela yang membawakan materi berkaitan dengan komunikasi, mengatakan, komunikasi sangat penting dalam bekerja, dengan tetap mengedepankan rasa percaya diri dan mengutamakan etika. “Dan juga dalam berkomunikasi harus memperhatikan volume, kecepatan berbicara dan juga intonasi,” sebut Claudia yang juga lulusan Univesritas Kristen Petra Surabaya ini.

Baca Juga:  Amankan Instruksi, Kabupaten Kupang Realokasikan Rp 1,5 M Cegah Covid-19

Pemateri lainnya, Pdt. Johny Kilapong menekankan karakter ASN yang mampu menghadirkan kuasa Allah dalam setiap pekerjaannya. Menurut ketua Yayasan Generasi Unggul ini, setiap manusia tidak akan bisa sukses dengan cara biasa. Harus dengan kerja keras dan mengandalkan Tuhan dalam setiap pekerjaan.

“Saya mengingatkan agar setiap orang harus memiliki 4S dalam hidupnya, yakni Sadar Tuhan, Sadar Manusia, Sadar Hidup dan juga Sadar Tanggung Jawab,” sebut Pdt. Johny.

Setelah mendengar materi yang dibawakan oleh kedua narasumber ini, dilanjutkan lagi beberapa kegiatan antara lain games, api unggun dan renungan malam.

Sedangkan untuk hari kedua (11/10/2020) dilakukan kerja bakti di seputaran Pantai Otan dengan melibatkan seluruh ASN Biro Humas, Mahasiswa PKL dan juga dari Sekolah Keberbakatan Olahraga (para atlit Kempo) yang semuanya berjumlah kurang lebih 400 orang dan dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Biro Umum George M. Hadjoh.*)Sam Babys/Hms

Editor: Laurens Leba Tukan