Finish Gowes di Sulamanda, Wagub, Kabalai Jalan dan Komunitas Tanam Kelapa Hibrida

Wagub NTT, Josef A. Nae Soi ketika melakukan gowes bersama komunitas sepeda Kota Kupang dengan finish di Pantai Sulamanda, Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Minggu (11/10/2020). Foto: Adit Wage

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM- Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (Wagub NTT), Josef A. Nae Soi menggandeng Kupang Cycling Club (KCC) dan sejumlah komunitas pencinta olahraga sepeda di Kota Kupang serta Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional NTT, Muktar Napitupulu menggelar Gowes – mengayuh sepeda dari Kelurahan Fontein, Kota Kupang menuju Pantai Sulamanda, di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Minggu (11/10/2020).

Gowes Wagub Nae Soi kali ini menjadi yang kedua dari pantauan SelatanIndonesia.com, setelah seminggu silam, Wagub Nae Soi melakukan olahraga yang sama dengan titik start dan finish di lokasi yang sama yaitu Pantai Sulamanda. Yang berbeda adalah, hari ini Wagub Nae Soi bersama komunitas pencinta olaharaga sepeda melakukan penanaman pohon kelapa di pesisir pantai Sulamanda. Sedangkan sepekan silam, pada Gowes yang sama, Wagub Nae Soi didaulatkan oleh Kepala Desa Mata Air dan seluruh masyarakat untuk melepaskan 13 ekor anak penyu ke tengah laut.

Wagub NTT, Josef A. Nae Soi ketika menanam kelapa hibrida di Pantai Sulamanda, Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Minggu (11/10/2020). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

“Saya diajak oleh komunitas sepeda sehat untuk berolahraga dengan finish di sini di Sulamanda dan ini kali kedua, kita berbuat untuk menjaga abrasi pantai dengan menanam kelapa. Saya akan mengajak komunitas lainnya juga untuk datang dan menanam apa saja di sini untuk menjaga pantai yang indah ini,” sebut Wagub Nae Soi.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalau menjaga kelestarian dan kebersihan pantai yang memiliki daya tarik wisata yang sangat kuat. “Dari penjelasan Pak Kepala Desa bahwa pantai ini dipenuhi pepohonan kelapa tetapi karena abrasi sehingga habis semua, makanya hari ini kita datang dengan komunitas sepeda untuk menanam kembali kelapa di Sulamanda, yang artinya Sudah Lama Aku Menanti Anda,” sebut Wagub Nae Soi.

Baca Juga:  Wagub Apresiasi IAKN Kupang yang Tampung Mahasiswa Papua
Wagub NTT, Josef A. Nae Soi bersama Kepala Balai Pengelola Jalan Nasional NTT, Muktar Napitupulu dan Kades Mata Air Benyamin Kanuk usai menanam kelapa hibrida di Pantai Sulamanda, Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Minggu (11/10/2020). Foto: SelatanIndonesia.com/Laurens Leba Tukan

Wagub Nae Soi yang mengajak juga Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional NTT, Muktar Napitupulu untuk melihat langsung kondisi akeses jalan menuju lokasi wisata Pantai Sulamanda. “Saya sudah bicarakan dengan Kepala Balai Jalan Nasional dan juga Wakil Bupati Kupang agar segera mungkin diupayakan agar akses jalan kesini bisa dibangun,” ujarnya.

Terkait listrik yang juga belum terlayani di wilayah Pantai Sulamanda, Wagub Nae Soi mengatakan bakal mengajak lagi kepala PLN NTT untuk melihat kondisi di Sulamanda agar segera mungkin memenuhi kebutuhan listrik warga di Sulamanda.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional NTT, Muktar Napitupulu saat itu mengatakan, mendukung sepenuhnya pembangunan akses jalan menuju tempat wisata. Namun demikian, dibutuhkan kerja sama antara Pemerintah Provinsi NTT dan Kabupaten Kupang khusunya melakukan usulan dan diolah oleh pihaknya karena sangat memungkinan alokasi APBN bisa digunakan untuk membangun jalan menuju obyek wisata.

“Kita akan kerja sama dengan Pemda untuk beberapa obyek wisata di Kupang ini sambil melihat kondisi kemampuan finansial dari APBN. Dan UU memungkinkan untuk APBN bisa membangun jalan menuju obyek wisata. Sama halnya dengan kita lakukan di Labuan Bajo,” ujar Muktar Napitupulu.

Kepala Desa Mata Air, Benyamin Kanuk mengaku sangat bersyukur karena wilayahnya diberi perhatian khusus oleh Wagub NTT, Kepala Balai Pengembangan Jalan Nasional dan para komunitas sepeda. “Atas nama seluruh masyarakat Desa Mata Air, kami berterimakasih atas perhatian yang diberikan oleh Bapak Wagub dan Pak Kepala Balai Jalan serta semua komunitas pencinta sepeda sehat. Semoga kedatangan kali kedua ini membawa perubahan bagi masyarakat di Mata Air dan khususnya di Pantai Sulamanda,” ujarnya.***Laurens Leba Tukan