Gamer Milenial Membludak di Turnamen Perdana Esport Flotim

330
Ketua Dewan Pembina Esport Flotim, Yoseph Sani Betan bersama panitia penyelenggara pada acara pembukaan turnamen Esport Flotim, di Weri Resto Café, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Sabtu (3/10/2020). Foto: SelatanIndonesia.com/Eman Mawar

LARANTUKAN,SELATANINDONESIA.COM – Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, pelaksanaan turnamen perdana Esport Flores Timur berhasil menarik minta pencinta game online dari kalangan milenial di Kabupaten ujung Timur pulau Flores itu.

Dipantau SelataIndonesia.com, sejak pembukaan Sabtu (3/10/2020) hingga Minggu (4/10/2020), Pengurus Esport Flotim yang menyelenggarakan even perdana di Weri Resto Café itu diikuti 19 Tim dengan jumlah personil mencapai 70 orang.

Antusias peserta dalam mengikuti turnamen ini serta penonton yang menyaksikan turnamen ini membludak di ruang terbuka Weri Resto Café, Larantuka, Kabupaten Flores Timur. Meski demikian, panitia penyelenggara Nampak ketat mengawasi seluruh peserta dan para penonton untuk tetap mematuhi protocol Kesehatan.

Ketua panitia penyelenggara, Avelino Ricardus Goa Ray mengaku kagum dengan semangat dan antusias para pemain dan penonton yang didominasi oleh kalangan milenial. “Padahal Esport ini merupakan cabang olahraga baru namun sangat diminati kaum mileneal Flotim saat ini,” sebutnya Minggu (4/10/2020).

Avelino juga mejelaskan ke-19 tim atlet yang berkompetisi hari ini bukan hanya di seputaran Kota Larantuka saja namun juga ada atlet dari Pulau Adonara, pulau Solor dan dari ujung barat kabupaten Flores Timur yakni dari Wulang Gitang.

Game yang dimainkan secara online maupun ofline dengan mengandalkan skil dan kemampuan otak serta keterampilan gerak tangan dengan menjunjung tinggi nilai sportivitas ini sangat diminati kaum mileneal saat ini. “Hari ini Esport Flotim menyelenggarakan dengan main secara ofline. Jika online maka tiap atlet bisa bermain dari rumah masing-masing,” sebut pegawai sipir pada Rutan Larantuka ini.

Sekertaris Harian KONI Kabupaten Flores Timur Yitno Wda. S.E., M.S.I. ketika acara pembukaan memberi apresiasi kepada panitia Esport yang telah menyelenggarakan even ini. Menurutnya, Esport merupakan cabang olahraga ke 14 yang belum diketahui khalayak umum. Namun Esport Flotim sudah memulainya dan kedepannya KONI yang memayungi semua cabang olahraga akan terus memberikan suport kepada Esport Flotim baik dalam materi maupun moril.

Baca Juga:  Nani Betan Diminta Perjuangkan Perpustakaan untuk Dukung Literasi

Ketu Dewan Pembina Esport Flotim, Yosep Sani Betan mengatakan, Esport Flotim akan terus menyelenggarakan kegiatan Esport dengan berkoordinasi secara reguler pada Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur terutama KONI Flotim untuk membangkitkan semangat atlet-atlet muda Flores Timur.

Ketua DPD Partai Golkar sekaligus anggota DPRD Kabupeten Flores Timur ini juga mengatakan atlet yang menjuarai kompetisi ini akan diutus mewakili Flotim untuk mengikuti turnamen piala Gubernur di provinsi pada 12 Oktober mendatang.

Dalam even ini Panitia Esport Flotim juga melibatkan satgas Covid-19 Flotim untuk menjamin keamanan semua yang hadir. Nampak semua pemain dan penonton tetap mematuhi protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan, cek suhu dan selalu jaga jarak.

Antusias peserta dalam mengikuti turnamen Esport Flotim serta penonton membludak di ruang terbuka Weri Resto Café, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Minggu (4/10/2020). Foto: SelatanIndonesia.com/Eman Mawar

Salah satu atlet Gamer, Frano Tukan mengungkapkan apresisasinya kepada Paniti Esport Flotim yang telah meyelenggarakan turnamen ini. Frano juga menyesalkan bahwa masih banyak peserta yang ingin mendaftar dan mengikuti kompetisi ini namun dibatasi. Ia berharap, Esport Flotim bisa memberikan ruang kepada kaum muda Flotim untuk menunjukan skilnya.

Atlet perempuan Helmy Adel juga mengungkapkan kegembiaraannya mengikuti kompetensi ini. “Saya mengharapkan kepada kaum muda terkhususnya perempuan Flotim agar jangan malu untuk unjuk skill dalam mengkuti turnamen ini. Semoga kedepannya labih banyak atlet perempuan yang mengikuti kompetisi ini,” sebutnya.

Game yang dimainkan secara ofline ini dilanjutkan hari ini Minggu (4/10?2020) dengan jenis permainan Mobile Legend sebanyak 16 tim yang mengikuti kompeteis ini degan jumlah 64 orang. Sedangkan game Free Fire dan Playstation akan dilanjutkan kembali pada tanggal 10-11 Oktober 2020 mendatang.

Hadiah bagi para pemenang yang disiapkan panitia Esport Flotim dari 4 kompetisi ini cukup menggiurkan. Untuk Game PUBG Juara 1 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 1.200.000+Trophy+ Sertifikat. Juara 2 akan mendapatkan uang tunai Rp. 700.000+Trophy+ Sertifikat. Juara 3 akan mendapatkan uang tunai Rp. 350.000+Trophy+ Sertifikat. Terminator mendapat uang tunai Rp.100.000+Trophy.

Baca Juga:  Turnamen Esports Flotim Simpul Kekuatan Ekonomi Digital untuk Milenial

Game Free Fire juara 1 mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp. 1.200.000. juara 2 mendapat Rp. 800.000. juara 3 mendapat Rp. 400.000 dan Most Kill mendapat Rp. 100.000.

Game Mobile Legend juara 1 mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp. 1.00.000. juara 2 mendapat Rp. 800.000. juara 3 mendapat Rp. 500.000 dan MVP mendapat Rp. 200.000

Game Playstation Juara 1 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 1.200.000+Trophy+ Sertifikat. Juara 2 akan mendapatkan uang tunai Rp. 800.000+Trophy+ Sertifikat. Juara 3 akan mendapatkan uang tunai Rp. 400.000+Trophy+ Sertifikat. Juara 4 mendapatkan uang tunai Rp.100.000.

Hadiah bagi para pemenang lomba akan diserahkan pada tanggal 11 Oktober 2020 mendatang bersamaan dengan penutupan turnamen Esport. Dan, yang menjadi sponsor utama penyelenggaraan turnamen ini adalah PT. Setio Budi Putera. **)Eman Mawar

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap