Dua Unit Ambulans dan Promkes, Tanda Cinta Jeriko untuk Warga Kota

246
Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H. ketika menyerahan dua unit mobil Ambulans untuk Puskesam dan satu unit mobil Promkes untuk Dinkes Kota Kupang di halaman Kantor Dinkes Kota Kupang, Selasa (1/9/2020)Foto: PKP_ghe

KUPANG,SELATANINDONESIA.COM – Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H. yang akrab disapa Jeriko, pada Selasa (01/09/2020) menyerahkan 2 unit mobil Puskesmas Keliling (Pusling) atau ambulans kepada 2 puskesmas di Kota Kupang.

Kedua unit ambulans tersebut merupakan bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2020. Proses penyerahan berlangsung di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Kupang.

Masing-masing unit ambulans diberikan kepada Puskesmas Oesapa dan Puskesmas Penfui yang diterima langsung oleh kepala puskesmas masing-masing yaitu drg. Sinta Ndaumanu selaku Kepala Puskesmas Oesapa dan dr. Stephani selaku Kepala Puskemas Penfui.

Selain dua unit ambulans tersebut, bantuan pemerintah pusat ini juga berupa 1 unit mobil promosi kesehatan (promkes) bagi Dinas Kesehatan Kota Kupang yang diterima oleh Kadis Kesehatan, drg. Retnowati, M.Kes. Kendaraan promkes yang dilengkapi dengan pengeras suara ini akan digunakan sebagai media publikasi kesehatan kepada masyarakat.

Wali Kota usai melakukan test drive pada mobil promkes, mengharapkan agar kedepannya setiap puskesmas di Kota Kupang dapat memiliki mobil Puskesmas Keliling. Dikatakannya, untuk tahun ini prioritas utama diberikan kepada Puskesmas Penfui dan Puskesmas Osapa dan untuk puskesmas lainnya akan diusulkan untuk tahun depan.

Senada dengan Wali Kota, Kadis Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati, M.Kes mengatakan alasan didahulukannya pemberian ambulans pada 2 puskesmas ini karena jangkauan (pelayanan) luas dan merupakan tempat rujukan.

Dijelaskannya, pengadaan mobil ambulans sesuai dengan permintaan puskesmas dalam rangka peningkatan pelayanan di puskesmas dengan sumber dana dari dana alokasi khusus (DAK) yang diusulkan sejak tahun 2019 silam. Sesuai permintaan, tahun ini Kota Kupang mendapat bantuan 2 unit ambulans yang diserahkan kepada 2 puskesmas. *)PKP_ghe

Editor: Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap