Polairud Tebar Cinta dari Selatan NKRI

0
182
Pimpinan Tim KP. Gelatik 5016 Akp. Murti Rahmawan, S. Sos ketika membagikan sembako untuk warga di desa Oenggae , Kecmatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (27/6/2020). Foto Dokumen Akp. Murti Rahmawan

ROTENDAO,SELATANINDONESIA.COM –  Direktorat Polisi Air Baharkam Polri menggelar sejumlah aksi sosial sembari menggelorakan semangat jiwa kebangsaan dan cinta tanah air dari Rote Ndao, wilayah terselatan NKRI.

Tidak hanya itu, Direktorat yang bertugas menyelenggarakan fungsi Kepolisian Perairan yang mencakup patroli, termasuk penangan pertama terhadap tindak pidana dan pencarian serta penyelamatan kecelakaan di wilayah perairan, dan pembinaan masyarakat pesisir ini juga memberikan himbauan tentang New Normal di dalam masa pendemi Covid-19 di Pulau terluar yait Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, Brigjen Pol Mohammad Yassin Kosasih S.I.K.,M.SI., dalam keterangan tertulis yang diterima SelatanIndonesia.com, Minggu (28/6/2020) menyebutkan, patroli perbatasan wilayah perairan Indonesia merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh KP. Gelatik 5016 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri yang sedang BKO di wilayah Nusa Tenggara Timur.

“Disamping melaksanakan kegiatan patroli perbatasan KP. Gelatik 5016 juga melaksanakan Sambang Nusa di Pulau Rote yaitu pulau terluar berpenghuni yang berada dan berbatasan langsung dengan Australia,” sebutnya.

Akp. Rahmawan, S. Sos selaku pimpinan Tim KP. Gelatik 5016, mengatakan pihaknya membagikan sembako untuk warga di desa Oenggae , Kecmatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao. “Rona kebahagiaan dan kegembiraan terpancar dari raut wajah masyarakat pulau Rote terutama masyarakat didesa Oenggae melihat dan menyambut kehadiran kami,” ujar Akp. Murti Rahmawan, S. Sos.


Tim KP. Gelatik 5016 ketika berada di desa Oenggae , Kecmatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (27/6/2020). Foto Dokumen Akp. Murti Rahmawan

Disebutkan, kegiatan didahului dengan melaksanakan tatap muka dengan kepala desa Oenggae Marselinis mesah, yang dihadiri okoh masyarakat Frengki Muskanan, tokoh agama Lakde Mading, tokoh adat Elia Keluanan, tokoh pemuda Oktavianus Dovoor, tokoh wanita Ikarti Wiarti serta warga masyarakat Desa Oenggae. Hadir juga Kasat Polaires Rote Ndao Iptu Y.Suyitno., dan anggota satpolaires Rote.

Baca Juga:  Yusuf Nggeong Buka Pintu Maaf untuk Politisi Nasdem TTS Jean Neonufa

Dalam kesempatan tatap muka disampaikan beberapa hal dan aturan yg berkaitan dengan keselamatan pelayaran. “Kita juga memberikan himbauan terkait dengan penegakan hukum dan mencegah paham radikalisme, serta paham anti Pancasila. Dan juga himbauan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam sistem tatanan yang baru atau yang di sebut new normal,” katanya.

Acara di kemas dengan kegiatan sosial kemasyarakatan serta tanya jawab, bersama dengan para tokoh di desa Oenggae, dan juga dilakukan pemberian bantuan sembako kepada masyarakat serta alat penyemprot disinfektan  juga untuk membantu masyarakat melawan penyebaran Covid-19.

Dikatakan, kegiatan ini dilakukan Polri semata mata untuk menumbuhkan jiwa kebangsaan dan cinta tanah air sekaligus menjadikan momen kehadiran Kepolisian Perairan ini sebagai sarana untuk dapat menyampaikan aspirasi yang diharapkan. ***Laurens Leba Tukan