22 Warga Sagu Diketahui Kontak Erat dengan Pasien 02 Flotim

2709
Camat Adonara, Kabupaten Flores Timur, Ariston Kolot Ola, S.STP dalam sebuah kesempatan memperagakan tarian Hedung. Foto: Dokumen AKO for SI

ADONARA,SELATANINDONESIA.COM, Gerak cepat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Flores Timur yang didukung penuh oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Adonara, telah berhasil menemukan 22 warga desa Sagu yang diketahui telah melakukan kontak erat dengan pasien 02 Covid-19 Kabupaten Flores Timur.

Camat Adonara, Ariston Kolot Ola, S.STP mengatakan itu ketika dihubungi SelatanIndonesia.com, Sabtu (30/5/2020) malam. Disebutkan, sesuai rencana, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabuaten Flores Timur akan melakukan rapid test terhadap 22 warga desa Sagu itu pada hari Senin (1/6/2020). “Hari Senin akan dilakukan rapid test sambil akan dilakukan penelusuran lanjutan, mungkin masih ada warga yang sudah melakukan kontak erat dengan pasien 02,” sebutnya.

Camat Ariston juga mengakui bahwa pihaknya Bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 selain gencar melakukan berbagai upaya pencegahan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, tetai juga sedang menghadapi berbagai pihak yang meragukan kinerja Tim Gugus Tugas.

“Kita memang juga sedang menghadapi beberapa pihak yang meragukan langkah penanganan Covid-19 di Kabupaten Flores Timur,” ujarnya. Meski demikian, selaku pimpinan wilayah di Kecamatan Adonara, ia tetap bekerja keras bersama tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Adonara dan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Adonara untuk terus bekerja keras melawan pandemi Covid-19.

Diberitakan sebelumnya,  Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Flores Timur (Flotim) mengumumkan, satu lagi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini, Jumat (29/5/2020) adalah warga desa Sagu, Kecamatan Adonara, Kabupaten Flores Timur.

“Benar, pasien 02 Covid-19 itu adalah warga desa Sagu, dan yang bersangkutan keseharian adalah nelayan,” ujar Camat Adonara, Ariston Kolot Ola, S.STP yang dihubungi SelatanIndonesia.com, Sabtu (30/5/2020).

Dikatakannya, Pemerintah Kecamatan Adonara, terus mempertegas himbauan kepada masyarakat untuk lebih disiplin mentaati prosedur kesehatan untuk pencegahan penularan Covid-19 di wilayah itu.

“Mulai hari ini Pemerintah Kecamatan bersama Satgas Kecamatan dan Pemerintah Desa Sagu membantu tim dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Flores Timur untuk melakukan kegiatan penelusuran kepada masyarakat yang kemungkinan telah berinteraksi atau berkontak erat dengan pasien 02 ini,” ujarnya.

Pasien tersebut diketahui sempat mengikuti kegiatan tablikh akbar di Gowa, Sulawesi Selatan. Ia tiba di Pelabuhan Laut Larantuka dengan menumpang KM. Lambelu, Selasa (24/3/2020) pagi. ***Laurens Leba Tukan

Center Align Buttons in Bootstrap