28 Sampel Swab dari Sumba Tengah, Seluruhnya Negatif

1118
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Tengah, dr. Oktavian Deky. Foto: Dokumen Humas Pemda Sumba Tengah

WAIBAKUL,SELATANINDONESIA.COM – Sebanyak 28 sampel swab dari Kabupaten Sumba Tengah setelah dilakukan pemeriksaan dengan metode PCR di Laboratorium Biomelkular RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang dinyatakan negatif.

28 sampel swab itu diambil dari 14 orang warga Kabupaten Sumba Tengah yang dikirim pekan lalu melalui bandara undara Umbu Mehang Kunda Waingapu.

“Kami meng-up date informasi terbaru terkait situasi Covid-19 Sumba Tengah, hari ini telah selesai diperiksa 6 sampel swab untuk 6 warga Sumba Tengah dan Puji Tuhan hasilnya juga negatif,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Tengah, dr. Oktavian Deky yang dihubungi SelatanIndonesia.com, Rabu (27/5/2020).

Dikatakan dr. Oktavian, dengan hasil itu maka dari total 14 orang yang diambil dan dikirim sampel swab sebanyak 28 sampel telah seluruhnya selesai diperiksa dan hasilnya negatif.

Ia juga mengatakan, kepada seluruh masyarakat Sumba Tengah dan para ASN dan tenaga kontrak lingkup Perkantoran Makatul, Kabupaten Sumba Tengah agar menjalankan tatanan baru “New Normal” dengan tetap memperhatikan dan menjalankan Protokol Pencegahan Covid-19.

“Secara bertahap kegiatan-kegiatan lain pun di luar pemerintahan akan segera kembali aktif dan tentunya kita bersama menunggu alur dan pengaturan lebih lanjut dari pemerintah dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan tetap menjaga kesehatan untuk semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Rabu (27/5/2020) tidak ada pasien positif Covid-19 baru di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pasalnya, ada 92 sampel swab yang diperiksa di Laboratorium Biomelkular RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang hasinya negative. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Dr. Domonikus Minggu Mere mengatakan itu di Kupang, Rabu (27/5/2020). “Dari total 92 swab yang diperiksa di RSUD Johanes Kupang, tidak ada warga yang terkonfirmasi positif baru.

Baca Juga:  Motivasi Sang Doktor untuk Milenial di Ile Ape Timur

“Jadi dari 92 spesimen swab yang diperiksa, tidak ada yang terkonfirmasi positif baru,” katanya. Meski demikian, ada 11 swab dari pasien positif Covid-19 yang diperiksa ulang yang masih menunjukan hasil positif. “Pemeriksaan Kembali sampel swab dari pasien lama, ada 11 orang yang masih menunjukan reaktif atau positif,” katanya.

Kadis Domi Mere mengatakan, 92 swab yang diperiksa di RSUD Kupang itu berasal dari RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang, RSB Titus Uly Bayangkara, RS Siloam, dan RS Umbu Rara Meha, Waingapu. Dengan tidak bertambahnya pasien positif Covid-19, maka total positif di NTT masih tetap 85 orang, 9 diantaranya telah sembuh, satu meninggal dunia, sehingga tersisa 75 yang masih menjalani perawatan di sejumlah Rumah Sakit yang tersebar di 9 kabupaten dan satu kota di NTT. ***Laurens Leba Tukan

 

Center Align Buttons in Bootstrap